Assalaamu 'alaikum Wr.Wb dan salam damai serta sejahtera untuk kita semua.
Oleh : RM"Supardi Surya Ningrat, S.Pd,M.Pd" Rajasa Rani Jaya Negara.
Oleh : RM"Supardi Surya Ningrat, S.Pd,M.Pd" Rajasa Rani Jaya Negara.
Model terapan mesin terbaru yang ramah lingkungan prakarsa ketua PERWAKU kabupaten Malinau dua tahun yang lalu dan diberi nama oleh beliau " SIRCULAR WATER ENERGY" terdiri dari tiga bagian :
1. Bagian pembangkit arus listrik.
2. Bagian penyimpan arus listrik.
3. Bagian penggerak mesin.
A. Bagian pembangkit arus listrik terdiri dari :
- Ruangan pembakar batubara tertutup rapat namun ada dua lubang bagian atas. Satu lubang untuk saluran masuknya gas oksigen hasil elektrolisis air dalam tabung khusus sumber arus accumulator. Satu lubang berikutnya untuk saluran keluarnya gas dan asap hasil pembakaran yang dihubungkan dengan pipa menuju filter basah dalam wadah berisi air terbuat dari plastik supaya tidak mencemari lingkungan udara. Di bagian atas ruangan pembakaran ada tabung penguapan air yang bisa dibuka tutupnya dengan sistem ulir terbuat dari logam.
- Lubang pertama tempat penampung aliran air dari tangki air yang di antaranya dihalangi oleh pelor bulat terbuat dari logam yang bisa bergerak bebas. Lubang ini berupa saluran yang bila ada tekanan uap air, air dari tangki bisa masuk, namun jika tidak ada tekanan uap air, maka air dari tangki tidak bisa masuk. Tangki air ini berlubang untuk memasukkan air dan menghubungkan bagian dalam dengan udara luar. Lubang penghubung dengan udara luar ini berulir dengan tutup yang berlubang kecil ke bawah mepet dengan tangki, dan bisa di kunci sehingga sulit dimasuki zat zair pengganggu atau zat padat pengganggu , sehingga sangat aman atau tidak bisa diganggu orang.
- Lubang kedua berupa saluran pelepas uap bertekanan tinggi dari tabung penguapan air yang mampu menggerakkan turbin kecil yang dirangkaikan pada dinamo-1, sehingga dari kawat dinamo-1 dihasilkan arus listrik bolak-balik. Pada ruangan dinamo-1 ini ada lubang pembebas uap air yang dihubungkan dengan pipa memasuki bagian agak bawah tangki air sehingga volume air dalam tangki selalu tetap akibat dari menyatunya uap air dengan air dalam tangki air sehingga semakin meningkat suhunya selama kendaraan dipakai (namun tidak sampai mendidih) sehingga pada saat memasuki tabung penguapan air, air dalam tabung penguapan air, semakin mudah diubah ke fase uap yang bertekanan tinggi. Oleh sebab itu agar pantat pemakai tidak panas maka tangki air bagian atas diberi alas terbuat dari spon atau gabus dengan lapisan khusus yang bersifat isolator yang tidak dapat menghantarkan panas. Dalam hal ini dipakai isolator yang terbuat dari kulit sapi yang bulunya masih banyak.
- Lubang kedua berupa saluran pelepas uap bertekanan tinggi dari tabung penguapan air yang mampu menggerakkan turbin kecil yang dirangkaikan pada dinamo-1, sehingga dari kawat dinamo-1 dihasilkan arus listrik bolak-balik. Pada ruangan dinamo-1 ini ada lubang pembebas uap air yang dihubungkan dengan pipa memasuki bagian agak bawah tangki air sehingga volume air dalam tangki selalu tetap akibat dari menyatunya uap air dengan air dalam tangki air sehingga semakin meningkat suhunya selama kendaraan dipakai (namun tidak sampai mendidih) sehingga pada saat memasuki tabung penguapan air, air dalam tabung penguapan air, semakin mudah diubah ke fase uap yang bertekanan tinggi. Oleh sebab itu agar pantat pemakai tidak panas maka tangki air bagian atas diberi alas terbuat dari spon atau gabus dengan lapisan khusus yang bersifat isolator yang tidak dapat menghantarkan panas. Dalam hal ini dipakai isolator yang terbuat dari kulit sapi yang bulunya masih banyak.
B. Bagian penyimpan arus listrik.
1. Arus listrik yang masuk sebagian disimpan dalam accumulator untuk energi elektrolisis air dalam tabung khusus dan membunyikan klakson kendaraan serta menyalakan lampu.
2. Arus bolak balik yang masuk dilewatkan interuptor sehingga arus listrik bolak balik diubahnya menjadi arus listrik yang searah. Setelah arus listrik mengalir searah maka muatan listrik disimpan di dalam alat yaitu kapasitor. Beberapa rangkaian kapasitor kita buat untuk menampung muatan listrik ini sebanyak banyaknya. Untuk mengetahui banyaknya muatan listrik yang tersimpan kita pasang alat yang bisa kita lihat dengan mudah misalnya AVO meter yang kita konversikan ke dalam satuan Coulomb. Satuan muatan listrik adalah Coulomb.
1. Arus listrik yang masuk sebagian disimpan dalam accumulator untuk energi elektrolisis air dalam tabung khusus dan membunyikan klakson kendaraan serta menyalakan lampu.
2. Arus bolak balik yang masuk dilewatkan interuptor sehingga arus listrik bolak balik diubahnya menjadi arus listrik yang searah. Setelah arus listrik mengalir searah maka muatan listrik disimpan di dalam alat yaitu kapasitor. Beberapa rangkaian kapasitor kita buat untuk menampung muatan listrik ini sebanyak banyaknya. Untuk mengetahui banyaknya muatan listrik yang tersimpan kita pasang alat yang bisa kita lihat dengan mudah misalnya AVO meter yang kita konversikan ke dalam satuan Coulomb. Satuan muatan listrik adalah Coulomb.
3. Bagian penggerak mesin.
Mesin dirangkaikan dengan menggunakan dinamo-2 sebagai tenaga penggerak. Pada ujung dinamo-2 kita pasang gir yang dapat menggerakkan kumpulan gir dari ukuran kecil hingga besar. Gir besar kita hubungkan dengan gir yang ada pada bagian roda kendaraan dengan rantai.
Kecepatan putar dinamo-2 berbanding lurus dengan banyaknya muatan listrik yang masuk. Oleh sebab itu sistem pengaturan kecepatan adalah dengan mengatur jumlah muatan listrik dari kapasitor yang dialirkan menuju dinamo-2. Jika tidak digunakan menggerakkan roda, muatan dari kapasitor ke dinamo-2 distop memakai serangkaian alat on/of.
Yang sangat perlu diingat sebelum mengendarai kendaraan adalah batas terendah jumlah muatan listrik yang masih mampu menggerakkan roda kendaraan berdasarkan berat beban. Jika batas terendah jumlah muatan listrik belum terlewati maka kendaraan tidak bisa bergerak walaupun jumlah muatan listrik dialirkan ke dinamo-2. Tetapi sebaliknya, jika jumlah muatan sangat banyak melebihi jumlah batas terendah jumlah muatan listrik yang mampu menggerakkan roda kendaraan, maka kendaraan bisa bergerak sangat cepat. Oleh sebab itu, untuk keselamatan pengendara, pemasangan rem kendaraan sangat perlu dilakukan.
Air yang digunakan sebaiknya air yang terbebas dari mineral, misalnya air hujan. Oleh sebab itu marilah kita semuanya tetap menghijaukan bumi sehingga hujan yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbendera merah putih ini selalu ada sepanjang tahun.
Selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar